Business Plan Kebab Turki

 Menyusun Business Plan


Hai guys, ketemu lagi dengan saya Kurniasih Djuwita Sari. Kali ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana menyusun Business Plan. apa itu Business Plan? Business Plan adalah rencana-rencana tentang apa yang dikerjakan dalam suatu bisnis ke depan meliputi alokasi sumberdaya, perhatian pada faktor-faktor kunci serta mengolah permasalahan-permasalahan dan peluang yang ada.


Berikut penjelasan lengkap menyusun Business Plan Kebab Turki.




1.  Ringkasan Eksekutif


Kebab Turki merupakan salah satu bisnis yang memberikan banyak keuntungan dimana bisnis ini salah satu waralaba yang sudah menjadi jenis bisnis yang populer di indonesia dan tentunya bisnis satu ini dibilang mampu memberikan cukup banyak keuntungan dan juga terkenal akan minimnya resiko kerugian. Bisnis kebab turki juga merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena memiliki pasar dan peminat yang sangat banyak khususnya di indonesia karena rasanya amat lezat yang membuat peminat makanan ini tidak pernah menurun.



Perkembangan bisnis untuk industri makanan sangatlah pesat. Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya berbagai macam restoran dan produsen makanan cepat saji di Indonesia. Para produsen seolah ingin berlomba untuk  menghadirkan produk unggulan yang dapat memenuhi keinginan dari para konsumen. Berbagai macam pola pengembangan produk telah dilakukan, namun usaha tersebut dirasakan belum terlalu sesuai dengan ekspektasi perusahaan karena tidak mampu meningkatkan omset penjualan. Hal tersebut ditengarai karena pola pengembangan yang telah dilakukan, tidak sesuai dengan preferensi konsumen sehingga tidak mampu memenuhi keinginan konsumen. bisnis ini menunjukkan bahwa urutan atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi dalam pengembangan produk Kebab Turki adalah jenis Daging, jenis tortilla, ukuran tortilla dan yang terakhir adalah Harga. Saran yang bisa diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pengembangan produk Kebab Turki yang harus dilandasi dengan pembentukan produk ideal yang telah dihasilkan dari penelitian ini. Di mana produk ideal yang sesuai dengan preferensi konsumen untuk pengembangan produk Kebab Turki adalah produk Kebab Turki dengan isian Daging ayam, menggunakan tortilla Hitam, Ukuran tortilla sebesar 20 cm serta Harga jual produk sebesar 

Rp. 20.000.



Profil Business

a. Nama Perusahaan : Kebab Turki

b. Bidang Usaha : Makanan Cepat Saji

c. Jenis Produk : Kebab Turki

d. Alamat Perusahaan : Jl. Galur raya No. 11, RT.04 / RW.09, Kel. Galur , Kec Johar Baru, Kota Jakarta Pusat , Prov. DKI Jakarta 10530.

e. Telepon : 085941247812


Visi Bisnis Kebab Turki

Meningkatkan pendapatan pribadi maupun kelompok dan menjadikan produk makanan kebab turki ini yang dapat  diterima di masyarakat luas, Serta Menjadi bisnis Kebab Turki yang menghasilkan produk Makanan cepat saji yang sehat dan bergizi nomor satu.


Misi Bisnis Kebab Turki

  1. Dapat mencetak Sumber Daya Manusia yang berkuallitas dan menciptakan rasa yang baru.
  2. Menciptakan ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
  3. Menjual produk dengan harga yang terjangkau.
  4. Memberikan pelayanan yang baik dan ramah sebagai upaya menarik konsumen.

Tujuan Kebab Turki

Tujuan dari didirikannya usaha ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan makanan yang cepat saji dan terjangkau bagi masyarakat pada umumnya dan bagi mahasiswa pada khususnya. Selain itu dimaksudkan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar sehingga hasil keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar




2.  Deskripsi Bisnis

Kebab merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia, namun Anda juga harus menetapkan lokasi usaha kebab yang strategis dan sesuai dengan segmentasi pasar, seperti di depan minimarket atau kampus. Mengingat daya tarik kebab adalah sifatnya yang mengenyangkan dan murah, maka usaha kebab cocok sekali untuk dijalankan di area sekitar kampus atau sekolah. Anak-anak, remaja, hingga mahasiswa sangat menyukai bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam menu kebab. Mulai dari keju hingga potongan daging sapi, kebab akan menjadi jajanan laris manis. Selain itu, mereka juga membutuhkan jajanan yang cepat tersaji. Bisnis kebab turki halal bisa jadi pilihan buat menambah pendapatan selama new normal. Modal untuk memulai usaha ini pun cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan modal Rp 12 jutaan dan bisnis pun siap dijalankan.



Usaha kebab memang bisa dibilang sebagai usaha kuliner yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Meski begitu, eksistensinya masih kuat di tengah sengitnya industri kuliner. Makanan khas Turki ini memiliki cita rasa yang bisa dinikmati oleh lidah orang Indonesia. Berbahan dasar daging sapi dan roti kebab (tortilla), kebab memiliki rasa gurih yang dominan. Apalagi jika dipadukan dengan topping tambahan seperti telur, makaroni, sosis, dan keju. Selain itu, harga per porsi yang terbilang murah juga menjadi daya tarik tambahan untuk usaha kebab. Mengenyangkan dan murah, tidak heran jika usaha kebab menjadi salah satu peluang bisnis menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan.




3.  Strategi Pemasaran

Bahwa strategi pemasaran Kebab Turki Cabang Jakrta Pusat yang dilakukan beberapa tahapan yaitu produk, harga, promosi, saluran distribusi. Beberapa tahapan ini dilakukan untuk membuat Kebab Turki mendapatkan banyak pelanggan, sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan dan keuntungan (laba) dari penjualan. strategi yang dilakukan oleh Kebab Turki dimulai dari produk yang dipasarkan, produk yang dijual merupakan produk yang sedang diminati oleh pencipta kuliner, kemudian penetapan harga yang ditentukan berdasarkan dari kantor pusat. harga yang telah ditentukan sama semua outlet di masing-masing kota, promosi yang dilakukan adalah promosi melalui iklan, media cetak, elektronik, flayer, dan even-even saluran distribusi ini akan memperlancar para franchice dan konsumen dalam memilih produk yang diinginkan sesuai selera.



4.  Analisis Persaingan

Persaingan dalam bisnis Kebab Turki ini sangat ketat, terbukti dengan bermunculan berbagai usaha yang mengangkat nama kebab sebagai menu utama. banyaknya pemain yang bertarung dalam bisnis kebab membuat persaingan semakin tinggi. Para pemilik usaha kebab harus menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan.



5.  Rencana Desain dan Pengembangan

Dalam bisnis Kebab Turki ini mempunyai rencana dalam desain dan pengembangan bisnis untuk kedepannya yaitu, Kebab Turki akan memvariasikan warna warni kulit kebab.


Berikut Contoh varian warna kulit kebab:


Bisnis Kebab Turki juga mempunyai rencana untuk desain pemackingan dengan ukuran besar, contohnya seperti menggunakan kertas paper putih. pembungkus packing ini mempunyai keunggulan yang anti lengket.



6.  Rencana Operasi dan Manajemen

Untuk rencana operasi, Kebab Turki akan diproduksi di lokasi Jl. Galur raya No. 11, RT.04 / RW.09, Kel. Galur , Kec Johar Baru, Kota Jakarta Pusat , Prov. DKI Jakarta 10530.


Fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan produksi Kebab Turki adalah Mesin kebab, Agar daging sapi bisa diolah dengan mesin tersebut.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kebab Turki.

  • Setengah kilogram daging sapi, iris melintang pada bagian seratnya.
  • 1 ruas jahe.
  • Setengah sendok teh ketumbar.
  • Yoghurt plain (yoghurt tanpa rasa)
  • 3 buah cabai merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Lada secukupnya.

Untuk rencana manajemen bisnis Kebab Turki yakni terdiri dari pemilik Bisnis Kebab Turki, dan 10 orang tenaga kerja. 10 orang tenaga kerja atau karyawan ini memiliki masing masing spesialisasi pekerjaan yaitu:

  • Untuk mengolah keungan: 3 orang
  • Untuk pemasaran: 4 orang
  • Untuk produksi Kebab Turki: 3 orang


7.  Analisis Rencana Keuangan

Modal perlengkapan:

Barang

Jumlah

Estimasi Harga

Mesin kebab

1 unit

Rp2,220,000

Panci

1 unit

Rp342,000

Wajan

1 unit

Rp275,000

Kompor gas

1 unit

Rp230,000

Nampan

1 unit

Rp28,000

Serbet

1 unit

Rp28,000

Piring

50 unit

Rp100,000

Sendok

50 unit

Rp50,000

Garpu

10 unit

Rp50,000

Gelas

10 unit

Rp55,000

Talenan

1 unit

Rp22,000

Meja

2 unit

Rp900,000

Kursi

9 unit

Rp900,000

Total biaya perlengkapan


Rp5,200,000



Modal bahan-bahan:

Barang

Jumlah

Estimasi Harga

Tortilla

30 pak

Rp720,000

Daging sapi

5 kg

Rp600,000

Bawang putih

20 kg

Rp640,000

Bawang bombay

30 pcs

Rp270,000

Cabai merah

5 kg

Rp490,000

Ketumbar

30 pcs

Rp225,000

Jahe

30 pcs

Rp135,000

Garam

10 pcs

Rp100,000

Lada hitam

10 pcs

Rp100,000

Margarin

10 pcs

Rp100,000

Yoghurt plain

20 pcs

Rp560,000

Saus tomat

10 botol

Rp210,000

Mayonnaise

10 botol

Rp240,000

Selada air

5 kg

Rp125,000

Timun

15 pcs

Rp75,000

Tomat

10 kg

Rp100,000

Kemasan

100 unit

Rp120,000

Sabun cuci piring

5 pcs

Rp40,000

Gas

15 pcs

Rp300,000

Sewa tempat

30 hari

Rp1,500,000

Air dan listrik

30 hari

Rp450,000

Total biaya variabel


Rp7,100,000



Menghitung total biaya perlengkapan dan modal pembelian bahan-bahan, bisa diperkirakan bahwa perlu menyiapkan modal sebesar Rp12,300,500. Mengingat kedua daftar di atas untuk penjualan sekitar satu bulan, maka estimasi keuntungan yang didapat adalah sebagai berikut.

Harga kebab per porsi

Target penjualan

Total pemasukan

Rp20,000

50 kebab per hari

Rp30,000,000

Estimasi modal awal


Rp12,300,500

Keuntungan bersih


Rp17,699,500


Estimasi berikut bisa didapat jika menetapkan harga kebab sebesar Rp20,000/pcs. Bila usaha kebab memenuhi target penjualan setiap harinya, dipastikan bahwa modal yang keluarkan sebelumnya akan tertutup sepenuhnya, bahkan bisa mendapatkan laba. Harga yang tercantum dalam daftar ini bisa berubah seiring waktu, jadi  perlu untuk menyesuaikannya dengan lokasi serta kondisi pasar terkini. Tentukan harga per porsi kebab yang terjangkau, namun tetap sesuai dengan modal yang dikeluarkan.



8.  Kesimpulan

Dengan modal sekitar Rp12,300,500 saya yakin mampu menjalankan bisnis Kebab Turki ini. Dan dengan adanya rancangan bisnis atau Business Plan yang telah saya buat ini, akan dapat memudahkan saya dalam mendirikan dan mengembangkan bisnis Kebab Turki.










Komentar